Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Tina Alfiani IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Ratna Purwati IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Jatimi Jatimi MI Hidayatul Muridin Cirebon
  • Casta Casta IAI Bunga Bangsa Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.61227/arji.v4i2.78

Keywords:

Keaktifan Siswa, Matematika, Model Kooperatif Tipe Jigsaw

Abstract

Keaktifan siswa terhadap materi pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk ditingkatkan. Masih banyak siswa yang selama pembelajaran berlangsung memiliki aspek keaktifan yang kurang baik dan ini berdampak pada kegiatan pembelajaran yang kurang efektif. Hal ini tentunya menjadi tugas guru untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pelajaran Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus dengan model Kemmis dan Taggart. Data dikumpulkan melalui wawancara, lembar observasi, catatan lapangan, rekaman video, dan foto kegiatan. Data yang bersifat kuantitatif dianalisis dengan analisis persentase yang diinterpretasikan menjadi data kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan penerapan model kooperatif tipe jigsaw keaktifan siswa tergolong rendah (50%). Dan setelah penggunaan model kooperatif tipe jigsaw siklus I ( 73,8%) dan siklus II (82,6%). Disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe jigsaw baik untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Harapan Cerdas.

Mahmud, & Priatna, T. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Teori & Praktik. Penerbit Tsabita.

Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Konsep Karakteristik & Implementasi. Remaja Rosdakarya.

Priatna, N., & Yuliardi, R. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Guru SD dan Calon Guru SD. Remaja Rosdakarya.

Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran (Jakarta). Prenada Media.

Salim, Haidir, & Isran, R. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Teori & Aplikasi Bagi Mahasiswa, Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam di Sekolah). Perdana Publishing.

Sari, K., Khairil, & Asiah. (2017). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Aktif The Power Of Two dengan Everyone is Teacher Here untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak pada Manusia di SMP Negeri 17 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, 2(1).

Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Kontruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, 7(2).

Yunus. (2018). Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2).

Yusmaherni. (2018). Meningkatkan Aktifitas Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN NO. 101/II Muara Bungo Kec. Pasar Muara Bungo Kab. Bungo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1).

Additional Files

Published

2022-06-30

 


How to Cite

Alfiani , T., Purwati , R., Jatimi , J., & Casta, C. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw di Madrasah Ibtidaiyah. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 4(2), 86–97. https://doi.org/10.61227/arji.v4i2.78